Monday, January 10, 2011

ini pengalaman saya, waktu SMP, sengaja di copy.

23 April 2004
hari ini ujian biologi IPA, aku deg deg an banget. malem kemarin masih asik2 pergi ke kuta. dan nihil, aku gak belajar. mama ga peduli sibuk pergi persit, papa sibuk kerja, aku ga belajar. sekali lagi aku ga belajar.
yaudah tinggal nyontek,
aku nyontek sama Rina (nama samaran)
aku copy semua. aku jawab SAMA. seinget ku.
hasil langsung keluar dua jam, karena lembar jawab LJK
oke, singkatnya
Rina dapet 10 dan aku dapet 5
aku muter muter, inget inget lagi
bukannya tadi sama ya?
aku kecewa banget,
oke emang rada kanak kanak aku benci banget sama Rina, aku ga mau lagi nyontek dan percaya sama dia
kok bisa kasih jawaban salah?
kok bisa sih?

waktu ujian kedua mata pelajaran Geografi Bu Sol
susah banget, banget, dan sialnya aku duduk di depan. aku ga bisa nyontek
aku kesusahan karena di depan mejaku itu Bu Sol. aduh ga tau gimana, aku nekat ngerjain
sepengingatanku, semampuku (oke, walaupun jujur aku ga mampu)
hasil juga keluar dua jam kemudian
aku liat Rina, dia dapet 10
aku dapet 5 sama kaya biologi

aku bandingin lagi
dua kertas ujian itu,
Geografi 5
Biologi 5

rasa menyesal sangat
rasa kepuasan sangat

ini masih membekas sampai sekarang, kalau setiap ujian apapun, sepenting apapun
saya selalu berjanji

bisa atau ga bisa, bener atau salah, jelek atau bagus, kerjain sendiri!
ulangan kalau dapet D kerja sendiri lebih puas daripada dapet nilai A plus tapi nyontek
ga sok sok an, cuma ikut kata hati
belajar sendiri. usaha sendiri. buat jawaban sendiri!

Kinanthi Husodo-

No comments:

Post a Comment