Saturday, April 16, 2011

Ujian Nasional SMA?

Tiba tiba mendadak saya kangen banget sama TN, TN itu ga sekedar tempat sekolah, melainkan sebuah rumah dengan keluarga yang sangat besar. Jadi inget banget jaman nya mau UAN, saya kebetulan menghuni kamar tujuh (agak lupa sih hehe insya Allah bener soalnya letaknya paling ujung bgt) Teman sekamar saya, atas saya kembaran bego saya Iceu (Sekarang kuliah di ITB), samping saya ada Cut (Sekarang kuliah di UGM), atasnya ada Ferdina (sekarang kuliah di UGM), sebelahnya lagi ada Andra (kuliah di UI), dan terakhir Restry (kuliah di UGM). Dulu ngebayangin banget dong ya deg deg an, kerja keras, belajar belajar, suasananya itu kalo di TN udah kayak mau perang. Banyak doa, amunisi, dan belajar. Kalo di inget inget yang paling kangenin itu suasana belajar malam di TN apalagi kalo udah lembur, dingin dingin pake jaket, kaus kaki ke bawah ruang belajar bawa bantal, pake selimut, pake kain Bali, dan berbagai style pribadi. Satu lorong saya yang saya paling inget ada si Restry, Ferdina, Idhe, Andra, Oka, Andi aaa lupa lagi siapa aduh maaf. Haha intinya, yang betah di bawah buat belajar hanya Saya (yang emang bego banget jaman di TN, bego nya ga ketulungan), Ires (yang emang super rajin buat ngulang pelajaran, dan Oka (Yang rajin banget nyatet, inget banget sampai sekarang tulisannya yang latin dengan bukunya yang disampul coklat. Cita cita nya pengen masuk arsitektur di ITB. Alhamdulillah keterima juga :) ).  Sisa anak anak satu lorong saya lebih suka belajar di atas alias di kamar, mungkin karena lebih anget dan gak dingin. Seperti misal: Ferdina (anaknya multi talented banget, dia pinter dan cantik. Belajar nya sedikit dan ga pernah keliatan kapan nya hehe mungkin karena emang pinter ya. Sekarang dia kuliah di kedokteran UGM. Sukses ya bu dokter :) ), ada lagi Andra (yang satu ini juga sama, kalo belajar suka di atas. paling inget style nya pake kain trus daster kesayangannya warna biru muda. Selain cantik dan jago bahasa Inggris plus musik ini, dia juga diem diem pinter hehe, sekarang dia kuliah di UI). Ada lagi temen sekamar saya yang suka menghilang dia adalah Cut (Orangnya super gokil, pangkatnya bejibun jaman nya di TN, anaknya pinter berkomunikasi dan sangat pandai memimpin. Cantik luar dalem, alhamdulillah juga sekarang dia ada di Hukum UGM) Nah itu hanya contoh, pilihan ada di tangan. Mau belajr di atas alias kamar atau di bawah ruang belajar yang super dingin ala ala bukit tidar eeer cold. Kalo bagi saya belajar di atas itu mustahil, alias saya ga tahan. Pasti ketiduran sampe pagi besoknya hihi.

AAAH masa masa dulu itu seru banget, kalo misal ga bisa satu pelajaran langsung bisa nanya ke kanan kiri, sebelah. Udah gitu kalo sekalinya ada makanan, langsung bagi bagi selorong gitu. UAN kami agak beda, karena, selama UAN pun saya ga pernah cuti dari kegiatan cuci mencuci, setrika-menyetrika, nyapu-ngepel (kalo jagra), serasa masih jaman penjajahan. Udah susahhh masih aja bekerja. Tapi itu uniknya, tiga taun belajar bersama pada dasarnya tetap satu tujuan yaitu meluluskan dan melewatkan UAN :D Gak rasa emang lika liku nya... Tapi bagi saya pasti kerasa, karena saya ini lemah banget dalam pelajaran hitung menghitung jadi selalu banget ikut kelas paling belakang alias B7 haha (keterangan: semakin besar angkanya maka menunjukan tingkat kebodohan nya, alias perlu super treatment. Ga itu aja, saking kurangnya sampai sampai saya harus ikut additional class alias SST (Super special Treatment). Nah kalo ST itu dilaksanakan sore hari, maka SST dilaksanakan pada malam hari nya. Nah iya kan keliatan begitu capeknya saya dulu, udah bego, capek, tapi tetep semangat dong :D ehehehe. Namun seenggaknya, saya ga bego bego amat lah, untuk pelajaran bahasa (Indonesia dan Inggris) juga Biologi saya masuk kelas B1 paling pol mundur B3 (keterangan berbanding terbalik dong: semakin kecil nilai nya maka semakin pintar) Hahaha seengak enggak nya kebego an saya, saya masih pinter pelajaran lain.

Teman satu perjuangan yang saya inget banget adalah pertama Iceu (Kembaran bego saya, yang satu kamar) inget banget waktu SST matematika malem hari yang ngajar pak pius (dewa banget masalah matematika)
Pak Pius: "Mau masuk apa sih kalian ini? kalian ini udah SST lho, harus sukses, kalian ini kurang. Harus banyak belajar. Kamu (nunjuk Iceu yang kebetulan duduk di depan sama saya) mau jadi apa setelah lulus?"
Iceu: (senggol-senggol badan saya) "Emm... Teknik Pak" (Jawabnya pede banget)
Pak Pius: Agak Shock "Teknik apa?"
Okin: (Senggol-senggol Iceu)
Iceu: "Teknik Mesin Pak!" (Lebih Super pede pangkat lima)
Pak Pius: (Mungkin shock nya ga ketulungan lagi pangkat lima juga) "Hah? Kalo mau di teknik mesin itu HITUNG HITUNGANNYA HARUS KUAT."
tet teret teret teret tau tau GBNMB bunyi depan balairung #lebay
Iceu: (Nunduk)
Okin: (Ngebayangin sekarang ada di B1 (Malam hari, khusus SST Matematika, sekali lagi SST Super Special Treatment) Uhukk
Pak Pius: (Mungkin menatap sedih ke arah kita, terutama Iceu. Kasian anak didiknya salah jalan gini, udah tau kena SST masih ngotot masuk Teknik Mesin, mencerna, berusaha berpikir untuk mengeluarkan ceramah yang membangun) "Kalo mau masuk Teknik itu harus pinter hitung hitungannya, apalagi teknik mesin, kan hitung hitungan itu dasarnya. Kalo sekarang ga bisa nanti susah... bla bla bla"
Yak bisa dibayangin sepanjang perjalanan pulang intinya kami sangat tersinggung dan tertekan, hal itu tidak spesial sih buat saya, karena cita cita saya adalah seorang dokter gigi bukan teknik mesin, namun adegan ini sangat dramatis kaya video klip judulnya "Kejar Cita Cita" ___-___  nah hal itu lah yang mungkin membuat Iceu selalu mengenangnya kalo Hitung Hitungan harus kuat. Alhamdulillah sekarang, Iceu kuliah di teknik industri di ITB he he :D terimakasih Pak Pius...

Kedua, Michan...
Michan adalah teman seperjuangan saya yang sama sama jatuh bangug her-remedi-st- dan sst sama karena kita ga bisa pelajaran hitung hitungan akhirnya selama di tn kami saling memberi dukungan dan membuat keputusan bersama untuk memilih jalan terbaik untuk kuliah sesuai kemampuan kita yakni memilih mata pelajaran yang disukai kami :) dan alhamdulillah, kami suka biologi dan tulis menulis. Semoga kami mejadi dokter gigi dan penulis kelak...
Michan: "Okin, selamat ya jadi calon Dokter Gigi"
Okin: : "Michan Selamat ya jadi calon Dokter"
Ah kalo diinget itu perjuangan yang tiada tara semoga Tuhan selalu memberikan kesuksesan untuk kita ya Michan. Amin....

Ketiga, Bhakti...
Tidak terlalu banyak yang spesial namun selalu ada Bhakti dimana ada Okin, dan selalu ada Okin dimana ada Bhakti. Bhakti selalu ada di mana pun dan apapun yang saya ikutin, dia ini sahabat sejati tiga tahun kelasnya sama, ekskul nya sama, ST sama, bahkan SST pun juga sama. Ah dan alhamdulillah juga keberuntungan dan kebersamaan kami membuat masing masing jalan yang berbeda, Bhakti sekarang ada di UGM. Sukses selalu ya Bhakti sahabatku :)

Keempat, Irestry...
Ires adalah teman dua tahun kami kamar sama, Ires adalah sosok yang pantang menyerah ia sangat rajin belajar, Saya selalu kagum sama dia, pagi hari saya ke meja belajar selalu liat dia, habis apel malam tidur masih liat dia membolak balik, mencoret-coret kertas dan catatannya selalu penuh. Ia selalu sabar menghadapi saya dan pertanyaan konyol saya, saya yang sering nanya dan ga ngerti ngerti, sementar Ires yang rajin dan belajar membuat saya terpengaruhi, Saya follow aja Ires setiap kegiatan belajarnya. Alhamdulilah saya bisa rajin seperti dia. Sekarang dia kuliah Psikologi UGM. Sukses ya Ires :)

Kelima, Caca...
Saya dan Caca sama halnya kepintaran kami berbeda, lebih tepatnya saya bego, dia pintar. Yang paling inget itu kalo saya her dia selalu lulus, ingetnya lagi kalo baca pengumuman ST dan hasil nya beda banget, saya angka besar dan dia angka kecil, saya angka kecil pun dia angkanya lebih kecil lagi. Hahaha Berkat sahabat saya ini, dulu nya saya mempunyai motivasi yang besar untuk bisa belajar dan lebih suskses dari dia walaupun gak akan pernah bisa menyaingi karena saya pas pas san bgt dulu haha, dan alhamdulillah saya pun dan dia lulus Uan juga. Sekarang dia kuliah di Arsitektur ITB. Tetap semangat ya Caca :)

Keenam, Cempaka...
Cempaka ini dulunya adalah sama teman seperjuang, oh ya kami saya, iceu, dan cempaka ini punya kelompok meja belajar, letaknya di deket lobi. Nama geng dadakan nya KC (Aaaa, maaf bgt lupa singkatannya apa) Saya dan Cempaka ini ya sama, bego nya ga ketulungan haha. Cempaka ini doyan banget berbicara dengan tingkat kepercayaan diri dan isi pembicaraan yang matang. Maka itu, bersama dia pula, kami menghabiskan jam jam malam kami untuk belajar, mengerjakan soal, sampai pagi, sampai begadang jangan begadang e e e. Haha bersama Cempaka, kami juga berjanji untuk tidak akan menyentuh pelajaran hitung hitungan lagi saat kuliah nanti *kecuali Iceu. Dan alhamdulillah dia diterima di jurusan yang memang dia idamkan yakni, Hubungan Internasional UGM. Tetap berprestasi ya Cem :)

Ketujuh adalah Amna, Vania, dan Tya....
ketiga sahabat saya ini sama dengan saya. Kami menyukai seni, dan kreativitas. Namun kami juga tak terlalu pandai dalam mata pelajaran eksak, kami mempunyai hobi yang sama, dan menyukai hal hal yang sama. Kreatif, dan seni adalah yang kami suka, hingga waktu membawa kita ke sebuah perjalanan panjang dari kelas satu, dua, dan tiga... Kami yakin selalu bahwa kami akan bisa membanggakan TN dengan sebuah seni nantinya, saya bercita cita menjadi dokter dan artis, Amna bercita cita menjadi sebuah seniman sejati yang terkenal di Paris, Tya bercita cita menjadi arsitek hebat nantinya, dan Vania yang gak kalah ingin mengapresiasikan dunia hukum yang ia geluti nanti dengan seni. Alhamdulillah sekarang, Amna berada di DKV ITB, Tya ada di Interior ITB, dan Vania ada di Hukum UI. Ingat janji kita nanti kelak sahabat sahabat cantikku. Sukses :)

Intinya apa, banyak pelajaran, dan banyak motivasi untuk menghadapi sebuah ujian... Tetap semangat dan banyak doa untuk yang terbaik, pilihan itu ada di tangan kita untuk mau jadi apa kita ke depannya kelak... Hanya kita yang akan tau bagaimana kelebihan dan kekurangan yang kita miliki sehingga kita tau apa yang terbaik untuk kita.
Jadi, Selamat menempuh Ujian Nasional 2011 teman temanku, sahabat sahabatku, adik adik ku. Semoga kesuksesan dan Ridho dari Allah selalu menyertai kalian. Amin ya Robbal Alamin.

Salam,
Kinanthi Husodo-

Enhanced by Zemanta

No comments:

Post a Comment