Thursday, June 7, 2012

Mari kita telaah apa yang terjadi hari ini, dan apa pelajaran dari tuhan untuk kita hari ini, dimulai dari......

Peristiwa pertama
Diskusi bersama drg.Ro,
drg.Ro selalu mengajarkan hal-hal spiritual, sosial, dan batiniah lainnya di luar ilmu kedokteran. Seperti halnya. Masalah.
tidak semua masalah itu buruk, kalo kata beliau, masalah itu datang agar kita lebih dekat denganNya, iya betul. Manusia cenderung untuk menghadap tuhan, berdoa, meminta, berkeluh kesah, dan memanjatkan doa yang putus-putus jika kita mengalami masalah. maka kalimat yang sangat menarik dari drg R. tadi
drg.R: "Pernah kamu inget Tuhan kalau lagi makan KFC?"
dan bisa kebayang kan jawabnnya dalam hati kita, itu tidak........
drg.R: "Hampir tidak pernah"

Kembali kepada dasar masalah, mengapa masalah itu ada ialah agar kita berkembang. mungkin tulisan tulisan saya sebelumnya banyak yang menyinggung mengenai masalah ditinjau dari ilmu. maka kali ini, sisi tuhan yang bicara. dan benar, katakan lah kepada masalah untuk 'mari' dan 'selesaikan'
hal yang pertama yang pantas untuk kita lakukan apabila mendapat masalah adalah..

berdoalah pada tuhan, agar kita diberi kekuatan untuk menghadapi masalah tersebut. maka berusahalah sebaik-baiknya,
kata beliau tadi... begini
orang bodoh: adalah orang yang tidak mau belajar dari kesalahnnya
orang pintar: adalah orang yang mau belajar dari kesalahannya
dan orang bijak: adalah orang yang mau belajar dari kesalahnnya dan kesalahan orang lain

Maka dari itu, sikapilah masalah dengan lapang dada, dan bijak.

Peristiwa kedua
Kelas BM: drg.L dateng dan membawa nilai, oke tersebutlah ketika giliran saya. saya pikir nilai saya A karena absen atas saya nilainya A. semua orang mungkin akan melakukan gerakan yang sama apabila terjadi seperti ini melihat nilai yang lebih bagus dari kenyataannya. namun ternyata D. Iya nilai UTS. oke, pertama rasanya seperti........
BOOM! Ini pertama kali nya seumur perkuliahan saya dapet nilai D,
Kebayang kan? kaya pacaran pertama kali, lagi sayang sayangnya tapi harus putus karena ga sejalan?
Ya mirip-mirip lah. sedih banget. tapi itu ga berlangsung lama. karena seketika saya inget Tuhan
oke, semua masalah pasti ada alasan dan marilah jadi bijak.
dalam hitungan menit, rasa sedih, kecewa, marah pada diri sendiri pun hilang.
saya sayang pada tuhan, dan saya sayang pada hidup saya. lakukan yang terbaik untuk apa yang terjadi pada masalah di hidup saya, dan
dalam itungan jam, rasa sedih idan bijak hilang dengan rasa ambisi mendapatkan nilai UAS yang maksimal dimulai dari.......... perbaiki diri sendiri, banyaklah belajar, dan jangan menyerah. kita punya jalan, aku, kamu, dan tuhan lah saksinya.

Peristiwa ketiga
saat konsultasi proposal skripsi
setelah perjalanan yang melelahkan, jatuh bangun, galau, dilemma dan sebagainya. dibalik ini semua drg, M berkata "Yaudah kamu print aja"
seketika respon saya pertama............... seneng, gembira
namun lima menit kemudian saya mengingat bahwa kembali pada, ini adalah anugrah dari tuhan, terimkasaih tuhan apa yang telah kau berikan kami, hingga kami menjadi dewasa seperti ini.

Kesimpulan pelajaran hari ini adalah.
"Selesaikanlah masalahmu dengan lapang dada dan bijak"

Terimakasih Allah untuk hari ini
Salam sayang
Kinanthi Husodo-

No comments:

Post a Comment