Saturday, September 25, 2010

ini cerita saya dan teman saya, yang kemarin menginap di rumah saya sengaja tidak sengaja karena terlalu malam kalau mau pulang ke kos an dia. Cecil dan saya ceritanya memang lagi curhat session- kita cerita2 mengenai teman teman kita yang baru di FKG-Unair. Hell ya, we were from same senior high school ;p Jadi apa sih yang kita tau tentang responsibility? Tanggung jawab. Setiap manusia mempunyai tanggung jawab mengenai hidupnya, dirinya, juga keluarga, teman teman dan masyarakat di sekitarnya. Banyak orang yang menyepelekan arti ini, juga tanggung jawab itu ibarat sebuah kacang, sekalinya dimakan bunyi dan habis. Setiap manusia mempunya prioritas dan tanggung jawab atas pilihannya itu karena hidup adalah pilihan. Saya memilih masuk FKG karena saya ingin jadi dokter gigi, apapun resikonya saya harus bertanggung jawab terhadap apa yang saya pilih dan saya harus belajar usaha keras sekeras keras nya. Banyak orang memilih masuk organisasi organisasi, kelompok kelompok, kegiatan kegiatan selama kuliah, namun for the result mereka big nol for responsibility. Itu pilihan kamu, dan kamu harus tanggung jawab. Tugas mahasiswa/i adalah belajar, kalau memilih yang lain tugas utama jangan dilupakan. Juga jangan lupa akan tugas yang diberikan bersama atau kelompok. Kalau mau IP bagus jangan kerjain tugas pribadi sendiri secara totalitas dan tepat waktu, juga tanggung jawablah apa yang terjadi dan apa yang harus kamu pertanggungjawabkan. Tanggung jawab kecil lainnya yang sering terlupakan adalah tanggungjawab memelihara buku perpustakaan, sering minjem, sering lupa dikembalika, minjemnya lama, buku rusak eeeer badperson. Contoh-contoh kecil dari tanggung jawab ini lah kadang kala seseorang harus memiliki sifat saling menghormati dan menghargai antar tugas, kewajiban dan haknya
don't escape from your job!

Kinanthi Husodo-

No comments:

Post a Comment