Wednesday, September 8, 2010

Makna Puasa dulu dan kini

Sebulan lamanya kita menjalankannya,
PUASA. "berpuasa dari
hawa nafsu, lapar, dan dahaga
memperbanyak
ibadah, wajib dan sunah kepada Allah. sesungguhnya pertanyaannya "Apakah yang kita dapatkan sebulan lamanya?" Mari sejenak, meliha syair dari sebuah lagu,
Ada Anak bertanya pada Bapaknya, buat apa berlapar lapar puasa
Ada Anak bertanya pada Bapaknya, tadarus tarawih apalah gunanya

Lapar mengajakmu rendah hati selalu
Tadarus artinya memahami kitab suci,
Taraweh mendekatkan diri kepada ilahi.
                                                         by: AndriKSugianto
Namun, kini.. saya baru menyadarinya
ketika saya beranjak dewasa
Kalau saya hanya mendapat lapar dan dahaga
Saya masih melakukan perbuatan tercela yang kecil namun tanpa di sadari tetap berdosa.
Tidak memperbanyak ibadah, yangwajib saja ogah ogahan
Menjalani hari tanpa semangat..
saya inget pelajaran agama waktu saya SMP

“Dari Abu Hurairah ra: katanya Rasulullah saw berabda: “Barang siapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan berbuat jahat (padahal dia puasa), maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minum” [Bukhari]
Jika kita berpuasa, tapi kita berkata dusta atau menyakiti orang lain, maka sia-sialah puasa kita.


Dulu.. di masa kecil saya... betapa berarti nya puasa bagi saya,
betapa senang nya saya apabila berhasil puasa walaupun sampai siang ;)
betapa bahagia nya dan ga sabaran menunggu waktu buka, menyiapkan apa yang kita mau dan idam idamkan pagi harinya
betapa lucu nya apabila diam diam berbohong dan berbuka
betapa malas nya beranjak untuk pergi traweh ke Mesjid
hanya demi, sebuah buku kecil dan tipis, juga jelek, dari Bu Guru Agama
mengenai tanda tangan, juga judul ceramah
betapa menyenangkannya, mencari baju labaran baru bersama keluarga
betapa gembira nya membeli kue kering khas lebaran
betapa penasarannya saya setiap malam ganjil saya niatkan begadang untuk tadarusan


Namun kini, saya hanya terpaku melihat keadaan saya
baik perasaan, hati juga, cara berpikir
Puasa biasa aja kali
Cuma laper sama haus doang
Sampai Ramadhan dateng aja, sy biasa aja
Hai sungguh jangankan pernah kau dapatkan puasa sebagai sebulan penuh bagi siksaan dan tanpa ada semangat di dalam nya.
Selain menahan lapar dan puasa, sepertinya ibadah puasa ini sangatlah unik:
dalam sebuah hadis qudsi, Allah berfirman, “Semua amal putra-putri Adam untuk dirinya, kecuali puasa. Puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang memberi ganjaran atasnya.”

Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan Ramdhan, dan Idul Fitri dengan sia-sia
sesungguhnya di bulan inilah berkah tersebar oleh-Nya :)

No comments:

Post a Comment