Monday, December 5, 2011

Aku penampung

Hari ini aku masih duduk di penampungan ini, di sekeliling ku mereka yang memakai baju berwarna gelap dan usang yang lupuk tak digantikan, dan mereka yang makan menghisap ibu jari nya sendiri, kuku nya berwarna hitam tanah, matanya berlukiskan hitam dengan kantung yang menghiasi. Air dan Air, mungkin orang bukan menyebutnya sebagai air namun perlahan sebuah harta tak ternilai, yakin untuk masa ini. Air dulu di kala nya melimpah ruah namun saat habis mereka hilang termakan uang para sang kuasa, ya dia yang ada di televisi dan koran. Aku memandang bodoh sudut sudut pematang, ya anggap lah itu bukan pematang. Lebih tepatnya, pertengahan antara gubuk dan sebuah genangan, ku anggap itu 'kubangan'. Hina sungguh, apa daya begini lah nasib sang penampung, yang tinggal di tempat penampungan.


Salah siapa, masih selalu dan akan tak terjawab di masa ku. Siapa yang berbuat di masa lalu, akan masih tak terjawab di masa kini. Wahai para penampung, wahai penampungan akan kah dirimu merindukan tempat tinggal nyaman damai di kala kubangan itu lah sebuah taman asri dengan daun daun berwarna hijau, klorofil berpadu bersama sinar matahari. Air berlimpah dianggap nya adalah hal yang biasa, kan terus teringat suara sapi di pematang, para petani menyerbak biji biji, alunan suara musik khas.


Bukan, kau tanya siapa, maka selalu bukan,
Mari kawan ingat lah, akan selalu ku ingatkan tentang kau, aku ini penampungan dalam sebuah tampungan. Aku adalah dia yang dulu, dia yang akan ada dalam bayang kubangan dan hilang di bawah hitam nya awan malam. Aku butuh bantuan mu. Katakan lah sayang, bukan katakan 'jangan' Aku tak perlu, dan aku tak butuh. Ungkapkan sayang dan jangan katakan 'tidak' kau palsu di mata pemasyarakatan. Ingat lah ingat, aku selalu mendoakan mu di penampungan ini. Untuk mu yang ada di sana, sadarlah!


Kinanthi Husodo-

4 comments:

  1. Yang ini kumpulan sajak, dikirim ke gramed?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih ya semuanya, iya itu kumpulan sajak rencananya nulis bareng penulis lain. Semoga dapet kelancaran proses. Doain aja ya :)

    ReplyDelete