Wednesday, December 9, 2009

my letter




tulisan ini gue buat untuk mengkritisi apa yang ada, untuk memberi pendapat bahwa dibalik semua masalah kita ini, hal ini sangat penting

tapi manusia hanya bisa melihat dan mengenalnya
mengetahui tapi tidak tertarik untuk berbuat dann belum bisa berbuat apa-apa untuk itu.
termasuk gue, lo, dan mungkin kebanyakan dari kita...

awalnya dimulai dari cerita kehidupan gue..

gue selalu ngerasa kalo setiap hari di kota tempat gue tinggal itu panas sekali, dan menurut gue itu udah ga wajar.
dan gue berani mengakui kalo gue kecanduan AC
dimanapun itu
ga bisaaa gue, kalo ga pake AC
iseng iseng, mikir-mikir waktu gambar
gue ngerasa
kalo...
sesuatu ga bakal terjadi kalo ga ada yg mulai
sama kaya
ga bakal ada asap kalo ga ada api
di pikiran gue waktu itu gue cuma
"Kok bisa sih panas banget?"
gue pun ngerti kalo Indonesia memang iklim sub-tropis dan wajar dong kalo panass.

tapi yang gue amati, dimana harusnya musim hujan saat ini.. tapi yang gue liat. Mana tu hujan?
terlamabat datang? apakah ada pergeseran musim?
Lalu apa ada yang salah?
kalo gue mikir bodoh
Ya terserah tuhanlah maunya gimana
tapi gue ga gitu aja
gue penasaran dan memang, bener apa ga, yakin gue kalo ini gara-gara masalah yang memang lagi in bgt di dunia kita.
efek ini yang bermasalah...

gue emang ga pinter, ga jenius, apa sok tau
tapi gue percaya i don't have to be a scientist or a president to do something about this..

mungkin dengan tulisan ini gue harap semua orang bisa mengerti dan tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu yang berarti untuk
lingkungan kita,
negara kita,
dan dunia kita

Climate change may be a big problem, but there are many little things we can do to make a difference

GLOBAL WARMING
gue ga perlu ngejelasin detail juga semua orang tau apaan sih, maksudnya apa sih

Global Warming is insidious. It’s not like an earthquake or a tornado or a volcano. It’s a slow, steady march towards doom.

Lo, gue, kita ga bakal rasain dampaknya sekarang.
And because it’s slow, we tend to ignore the threat.
We just turn on the air conditioner and complain about the weather and more or less go on with our lives as if nothing major is really happening.

"Kok panas banget sih?"
"Gue sih setiap hari AC nyala mulu. Ga bisa tidur gue kalo ga nyala."

dan percayalaah...
This attitude is not going to help us for long.


Fortunately more and more people are becoming aware of global warming and are slowly accepting it as a serious problem, serious enough that they are willing to change their lifestyles.

The top three causes of global warming are:

Power generation
The Meat industry
Transportation


gue ga akan cerita panjang lebar karena sepertinya semua orang juga udah tau. alasannya apa lah. gue cuma pingin semua orang tau
kalau banyak-hal2 kecil yang bisa kita lakukan

Can an individual really make a difference to this very alarming problem?
semua orang tau..
the answer is a resounding YES!
Each person makes life style choices every day..
there it's still not too late to arrest planet meltdown.

1. Use less electricity (turn off lights, fans, AC's, etc) kalo ga kepakee matiin semuanya
2. Use energy saving devices
-(Contohnya banyak banget tu orang yang nyal
ain laptop seharian padahal dipake cuma sebentar, don't leave your computer on stand by dgn alasan ga jelas)
-(We can do it in healthy, walk, run, to places that are near)
-(Eat a plant based diet than meat. You would save so much water) EAT-GREEN
3. Plants tree please. Gue tau semua orang merasa dirinya males buat hal beginia. ga munafik, termasuk gue kok
4. Recycle (cans, bottles, plastic bags, etc)
5. Talk to your family, and friends...


dan much more and more lagi.
mungkin hanya sedikt yang gue tau, dan mungkin banyak dari kalian yang lebih tau...
tapi yang gue harap,
untuk kita...
Tunggu apa lagi dan jangan males ngelakuinnya

kaya guru gue di SMA pernah bilang bahwa...
"Sesuatu yang baik dimulai dengan cara yang benar"
buktikan kalau 2012 tidak akan terjadi bila kita bisa saling menjaga bumi,
menjaga tempat tinggal kita semua,


salam.
green peace

1 comment: